Januari 24, 2013

Jogja, The Super-beloved Town.. #PartOne

Oke, disini gue mau berbagi cerita ekstrim plus seru tentang pengalaman gue liburan di Jogja kemarin. Cerita ini bakalan gue partisi jadi 6 bagian berhubung ini cerita puanjaaaang banget dan penuh perjuangan dari awal sampe akhir. Semoga bisa jadi referensi buat kalian yang baca. Well, lemme start this story.. Enjoy guys! :)

P R O L O G

Jogja.. Salah satu kota yang jadi tujuan wisata bagi turis lokal ataupun mancanegara. Yap, begitupun buat gue dan temen seperjuangan gue (re: Riana Santoso). Ga cuma buat liburan ini, dia udah jadi temen, sahabat, saudara seperjuangan dalam segala hal dari awal masuk IPB, kampus gue sekarang. Kita udah ngerencanain untuk liburan di Jogja sejak awal masuk semester 3, ya kira-kira bulan Agustus 2012. Oleh karena kita ga mau dibilang kuah, (you know kuah? kuah itu wacana, wacana itu sepik, sepik itu omdo, omdo itu omong doang, omong doang itu cuman ngerencanain sesuatu tapi ga pernah ada realisasinya), ya jadi kita dengan segala cara harus bisa liburan di Jogja akhir semester 3. Dimulai dari ngajak sana sini. Yap, kita ngajak sana sini karena emang takut. Hahaha. Jadi ceritanya kita udah prepare bakalan liburan super murah meriah di Jogja. Ya salah satunya kita mesti naik kereta ekonomi. Parahnya, temen-temen pada bilang kalo naik ekonomi itu bahaya banget!!! Mulai dari copet, penjahat kelamin (katanya tuh ada cowo-cowo iseng yang seneng nunjukin kelaminnya sama cewe, what the...), katanya di gerbong tuh bakalan ada ayam-ayam, sayuran, toiletnya yang 'iiihh', pokoknya syereeeem deh. Gue yang baru akan pertama kali naik ekonomi jarak jauh kan jadi panik. Awalnya, kita berhasil ngajak 3 temen kita, yaitu Ade, Aya, dan Alam. Berbekal bebagai referensi yang kita dapetin dari gugel tentang perjalanan ke Jogja, kita presentasi depan mereka mengenani rencana ini. Mereka welcome banget. Kita seneng dan gue udah kepikiran untuk cepet2 pesen tiket kereta biar ga keabisan. But......... esok harinya, Ade menyatakan tidak bisa ikut karena harus pulang ke Lampung, neneknya sakit. Bersamaan dengan itu, Alam pun gajadi. Aya juga. Mereka bilang, nanti aja Juni berangkatnya. Dan gue sama Riana sedih.... bingung........ :'''''' "Should we cancel this trip. Ri?" "No.." She said. Ternyata masalah lain datang. Gue yang ngira UAS bakalan kelar tanggal 16 Januari 2013 ternyata harus rada dibuat sport jantung, karena ada seliweran berita kalo Ujian Praktikum Penerapan Komputer yang harusnya tanggal 16 diganti jadi tangga 21. Ya Allaaah.. was it the sign?. Another problem, Saat gue sama Riana nyoba liat2 tiket. Ternyata tiket tanggal 18 udah abis. Jadi rencananya gue sama Riana mau 3 hari disana (19 20 21), Allahuu.. kita galau malem itu. Dan akhirnya, kita putusin untuk berangkat tanggal 17 da liburan 4 hari di Jogja. Karena pemesanan via online Cuma bisa pas hari kerja, dan itu hari minggu, kita menunda pemesanan sampe besok pagi.

Dengan Bismillah dan pemikiran yang matang serta meminta restu dari orang-orang terdekat, kita mantapkan hati untuk berangkat, meskipun cuma berdua! How strong we are...... mengingat ini perjalanan jauh dan kita sama-sama baru pertama kali pergi kesana. Gatau deh apa yang bakalan terjadi.
Keesokan harinya, gue pesen tiket online via tiket.com. Gue lakuin semua itu sendiri berhubung Riana ada UAS hari itu. Pesen tiket kereta ekonomi jurusan Pasar Senen-Lempuyangan dan sebaliknya untuk pulang. Pilih tempat duduk yang dirasa pas. Seat 2-2 dan gue berharap orang di depan kita bukan penjahat. Transfer uang via ATM dan segala macam konfirmasi sampai mendapatkan bukti pembayaran yang harus diprint. Alhamdulillah lancar. Dan perjuangan pun nyata di depan mata kami. Sejak pemesanan tiket dilakukan, gue dan Riana mulai searching tips and trik perjalanan ke Jogja. Mulai dari apa yang harus dilakukan di kereta kalo bahaya mengancam, penginapan-penginapan murah sekitar Jogja, wisata-wisata yang akan dikunjungi, sampe baca-baca cerita backpackers yang udah sering luntang lantung saat di kota orang. Maklum lah.. gue dan Riana kan baru pertama kali kaya gini.

16 Januari 2013

Hari ini hari perjuangan banget buat gue sama Riana. Bedanya, gue berjuang buat nyelesain ujian hari terakhir yang SUSAH banget! Yaitu, Biokimia Pangan Dasar dan Ujian Praktikum Penerapan Komputer yang soalnya banyak kali. As you know, Alhamdulillah ujian gue gajadi dipindahin jadi tanggal 21. Dosennya tau kali ya kalo gue udah ada planning berangkat :’D. Sedangkan Riana, dia berjuang untuk Ke Stasiun Pasar Senen. Yap, dia mau nukerin bukti pembayaran dengan tiket keberangkatan kita. Sekaligus, beli tiket bis Damri untuk kepulangan ke Lampung setelah ke Jogja. Hari itu jadi salah satu hari terberat gue. 2 Ujian sampe Maghrib, jam 7 malem gue harus Rapat Acara sebelum liburan, dan harus ketemu senior untuk ngambil buku. Capek pake banget. Sekitar jam 10 malem baru nyampe kosan. Dan disambut sama Riana dengan 4 tiket di tangan buat kita berdua. Seneng banget. But, malem itu harus ada tragedi lagi yang sempet buat kita bersitegang.

Jadi, gue sempet ada konflik dikit sama someone yang bikin mood gue ancur seancur-ancurnya malem itu. Gue kesel! Nangis di kosan sampe Dewi dan Mima (Temen sekelas gue) rela dateng malem-malem ke kosan bawain es krim buat nenangin gue. Gue emang moody parah. Mereka takut kali ya gue bunuh diri atau bakar kosan. HAHA! Setelah mereka pulang, gue pergi rapat ke kampus dan ketemu senior trus balik ke kosan. Gue masih bete banget. Riana dateng bawain tiket. Gue seneng. Kita sempet makan bareng dan gue curhat sama dia. Sampe di kosan, gue capeeeek banget. Capek pikiran, capek hati, capek fisik, dan gue diem aja. Gue cuma tiduran di lantai karena gue emang ga mood ngapa-ngapain. Dan itu buat Riana kesel mungkin. Kenapa? Karena harusnya malem itu jadi malem yang super-duper-happy buat kita. Harusnya malem itu kita packing dengan gembira. Tapi gue malah kaya gitu. Maaf ya Ri....... gue gatau mesti apa. Riana tiduran di kasur, mukanya ditutupin guling. Malem itu kosan gue kaya kuburan. Gue sama Riana diem-dieman. Akhirya, gue mencoba buat nyairin suasana. Gue ambil tas dan mulai buka lemari.....

Rizka: Ri, ayo packing!
Riana: Emang jadi ke Jogja?
Rizka: Ya allah.. itu tiket udah ada. Jadi lah.
Riana: Lunya aja kaya gitu, Ka. Ga semangat. Males gue jadinya.
Rizka: Engga kok, gue udah ga kenapa2, Cuma tadi bete aja.
Riana: Ngapain kita pergi kalo buat bete2an Ka, kita tuh harusnya seneng2. Liat lu yang ga semangat gitu gue juga jadi males. Kenapa sih Cuma gara2 satu orang jadi kaya gini. Lu jangan gitu, Ka. Buktiin ke dia kalo lu bisa seneng tanpa dia.
Rizka: Gue ga kenapa2 Ri.. (mulai nangis)
Riana: Gue paham lu Ka, berapa lama sih kita sama-sama. Liat lu yang kaya gini tuh buat gue juga jadi males. Lu itu kenapa2. (Riana juga nangis)
Rizka: Maafin gue ya Ri..... maaf ngerusak liburan yang udah kita rencanain mateng2. Maaf.... (gue peluk Riana)
Riana: Iya gapapa, mungkin gue ga ngerti sama apa yg lu rasain. Tapi menurut gue, lu jangan maah jadi badmood. Lu harus seneng2 Ka. Kita liburan buat ngelupain kepenatan.
Rizka: Iya Ri......... :’’’’’
Riana: Jangan bawa2 badmood ini ke liburan kita.
Rizka: Maaf ya Riiiii :’’’’’

Dan malam itu jadi malam melow gue sama Riana. Kalo dipikr2, gue sama Riana tuh aneh banget ga sih. Mana ada orang yang mau liburan malah nangis2an kaya gitu. Padahal udah dari jauh2 hari seneng banget mau liburan. Eeeeh.. H-1 malah nyaris ga jadi berangkat. Huuuuhhh... akhirnya malem itu gue packing sama Riana, dengan mata sembab. Kita siapin baju apa yang mau dipake H1, H2, H3, dan H4. HAHAHA! Plus, siapin baju keberangkatan karena ini paling penting. Kita mau tampil seGEMBEL mungkin biar ga jadi perhatian di kereta nanti! :’)

Malem itu kita susah tidur karena ga sabar buat berangkat besok pagi. Walaupun lampu kamar udah padam, kita masih ngobrol dari tempat tidur masing2 dan ketawa2 terus. Ga lupa berdoa sama Allah semoga diberi kemudahan dan kelamcaran untuk besok.
Hmm..........
yg terjadi keeseokan harinya ternyata lebih berat lagi. And, it was so unpredictable!