Januari 25, 2013

Jogja, The Super-beloved Town.. #PartTwo

17 Januari 2013

Pagi itu memang hari nampak berbeda dari hari-hari biasanya. Bayangin aja, dari subuh gue bangun matahari ga muncul2 alias mendung! Bogor hari itu buat perasaan gue jadi gaenak. Tapi gue sama Riana bismillah aja. Oh iya, lupa cerita. Jadi, rencananya kita mau ke Depok dulu tempat kakak gue karena mau ngambil kamera yang mau dibawa ke Jogja nanti. Sesuai jadwal sih kita dapet kereta yang jam 20.35 WIB. Kira-kira jam 8.15, kita berangkat dari Bogor. Dari kosan naik angkot menuju Stasiun Bogor. Perjalanan kita diiringi oleh gerimis romantis (tau kan gerimis romantis? Gerimis kecil2 awet itu loh). Matahari juga belum muncul. Sampe di stasiun Bogor, mendung makin pekat. Dan surely, itu pertanda buruk ternyata.......

Kalian tau kan, banjir besar Jakarta? Yap! Itu terjadi di hari keberangkatan gue dan Riana. 17 januari 2013! Pihak stasiun bilang kalo KRL cuma sampe Stasiun Pasar Minggu dikarenanakan banjir dan kereta ga bisa melintas jalan yang terkena banjir. Gue sama Riana lemes, bingung, dan seketika pusing. Gimana caranya bisa ke Stasiun pasar Senen sedangkan daerah sana terendam banjir yang katanya hampir sedada orang dewasa. Ya Allaaah :’’’ sempet terlintas pikiran kalo emang ga boleh pergi. Karena emang niat kita ke Depok dulu tempat kakak, jadi kita berangkat naik KRL. Di dalem kereta, kita searching berita online tentang keadaan banjir di area Senen dan bagaimana cara mencapai daerah sana. Ternyata, ga ada akses sama sekali kesana, ya karena kendaraan umum di sekitar sana pun ga bisa beroperasi. Mau nangissssss. Coba ngontak pihak Stasiun Senennya tapi ga ada jawaban sama sekali. How....... :’’. Sampe di Stasiun Universitas Indonesia sekitar jam 11, masih mendung, hujan lumayan deres. Lama banget ke Depok? Iya, karena keretanya berenti2 karena nunggu antrian karena banjir di daerah Tebet sana. 2 jam kita ke Depok doang. Kita naik angkot ke tempat kakak di daerah Kelapa Dua. Gue sama Riana diem, berdoa, dan puter otak gimana caranya berangkat. Bahkan untuk membatalkan atau menunda keberangkatan aja pun gabisa. Banyak banget halangan kita berangkat :(

Sampe di tempat kakak, disambut kakak yang juga lagi berusaha cari alternatif kendaraan ke arah Senen dan lagi berusaha ngontak orang yang jual kamera. (As you know, kamera baru mau dibeli pada hari keberangkatan!). Gile banget ga sih. Muka Riana udah gabisa diajak kompromi kayanya. Syereeem~ Gue sih tenang2 aja. Gatau kenapa yakin aja kalo bakalan berangkat. Atau, malah gue terlalu santai dan pasrah kalo gajadi berangkat pun? Ah gatau, tipis deh beda perasaannya. Di tempat kakak pun nelponin pihak Stasiun Senennya terus. Tapi nihil! Liat berita di TV pun Jakarta lumpuh parah hari itu! Hujan aja ga berenti2 dari pagi. Ya Allah kenapa harus hari ini? Kenapa harus pas hari keberangkatan kami?Apa kami memang ga boleh berangkat? Astaghfirullah.......

Jam 13.00, kita berangkat dari tempat kakak menuju Margo City karena mau beli makanan dan minuman sama peralatan yang mau dibawa. Abis belanja, kita ke daerah Kober mau ngambil kamera. Dan gue tekankan lagi, hujan masih aja turun! Abis dapet kamera, kita berusaha ke Stasiun UI lagi, berharap kereta udah bisa sampe St.Pasar Senen. Ternyata.... Sekarang Cuma sampe Manggarai. Banjir belum juga surut. Ya gimana mau surut, hujannya aja ga berenti2 dan untuk surut kan perlu waktu yang ga sebentar. Kita nanya2 sama petugas stasiun gimana cara mencapai Senen. Beliau juga bingung karena emang gaada yang bisa sampe sana. Dia menyarankan kita naik Bis jurusan Depok-Senen. Tapi itu juga kalo ada. Kakak menyarankan kita naik kereta ke Manggarai. Dan dari sana ngontak pihak stasiun Senennya, nanya apakah kereta ke Lempuyangan ntar malem lewat Manggarai atau engga. Tapi, pihak stasiun UI aja ga ngasih kontak Stasiun Senen. Akhirnya, kita memutuskan untuk naik bis dari depan Jalan Margonda.

Memang halangan ga berenti2 dateng. Saat nunggu di depan Jalan Margonda bisnya ga lewat2. Kita nanya sama pedagang pinggir jalan, katanya bisnya udah lewat dan gatau ada lagi atau engga. Zonk banget! Huuuuhhh.. Kakak pun menyarankan untuk sekalian ke Terminal Kampung Rambutan, cari bis ke Senen disana. Kita pun naik angkot kesana. Lumayan jauh dari Jalan Raya Margonda ke Kp.Rambutan. Hujan masih belum berenti. Dan asli, gue sama Riana udah jadi gembel basah beneran. Sampe di Kp.Rambutan, kita mesti sabar untuk kesekian kalinya. Bisnya udah gaada, udah berangkat dan cuma satu. Naik taksi pun gabisa karena banjir. Kita galau badai.

At that time, ada bis jurusan Pulo Gadung yang mau berangkat dan kakak nanya apa bisa ke Senen naik bis itu. Kondekturnya bilang bisa, tapi harus turun di Jalan Pemuda dan naik Metromini nomer 47. Ya Allaaaah, mau nangis. Kakak bilang “Mau ga?”. Gue yang bener2  buta sama Jakarta agak ragu untuk berangkat. Tapi ini satu-satunya kesempatan untuk ke Senen. Riana mau. Tapi gue masih aja ragu.  Kalo kita nyasar trus diculik gimana. Kalo kita diperkosa, dibunuh, dijual organnya gimana. Gue takut. Untungnya, ada seorang Bapak yang juga mau ke arah Senen. Gue bilang sama si Bapak “Pak, bareng ya..”. Kita pun naik bis itu. Berdiri. Dan itu lumayan jauh. Pamit sama kakak, dadah dadah. Baru aja kira2 100 meter bisnya berangkat, gue teringat sesuatu. KAMERAAAAA!!!!! Kameranya di tas kakak. Gue nelpon kakak dan iya, kameranya ketinggalan. Ya Allaaaah... :’’’’’’ gimana caranya. Ga mungkin bis ini balik lagi kan. Gue pun teriak ke Kondekturnya........

Gue: Bang, bisa berenti bentar ga Bang? Ada barang yang ketinggalan Bang. Saya lari deh Bang.
Kondektur: Waduh neng gabisa. Barangnya dimana?
Gue: Sama kakak saya Bang, di terminal tadi.
Kondektur: Suruh kakaknya nyebrang ke Jalan Baru aja nanti tunggu disana.
Gue: Iya Bang.

 
 Alhamdulillaaah.. Gue nelpon kakak dan dia pun nunggu di sebrang terminal. Jadi, bisnya ini muter dulu gitu. Tapi ga lewat terminal lagi. Bisnya lewat jalan sebrang Terminal Kp.Rambutan. Udah muter, gue nyoba nelpon kakak. Dan lo tau apa? HANDPHONENYA MATI. GA AKTIF!!! Ya Allaaaah :’’’’’ dimana kakak. Gue nyuruh Riana merhatiin jalan sebelah kiri berharap liat kakak. Gue cemas banget. Was-was. Akhirnya, kakak emang top banget deh! Dia hapal bisnya dan berentiin bisnya. Gue refleks teriak “Itu kakak sayaaa!!”. Kalo dipikir-pikir sekarang, ngapain gue teriak gitu ya. Malu sebis. Kameranya pun dikasih lewat jendela bis. Dan gue amankan dalem tas. Fix! Gue nangis beneran. Riana juga. Sungguh berat cobaan ini.......

Kita berdiri sepanjang jalan. Dan saat di jalan yang dimaksud, si kondektur mempersilahkan turun. Yap! Gue bener2 buta! Ga ngerti. Tapi, gue inget pesen Kakak “Kalo udah kaya gini, perjalanan jauh, gabisa lagi takut2, harus berani dan jalanin semuanya. Jangan lemah”. Jadi itu kita diturunin di jalan yang banyak penjuru arahnya. Lo tau kan jalanan di Jakarta yang kaya gue maksud. Bingung banget harus naik metromini yang dibilang kondektur dari mana. Si kondektur Cuma nyuruh nyebrang aja. Tapi kita bingung nyebrang kemanaaaa. Si bapak juga ternyata sama bingungnya. Jadilah kita buta arah. Ternyata kita ga bertiga, tapi berlima. Ada 2 orang lagi yang juga mau ke arah Senen. Seorang bapak dan seorang mbak. Kita nanya2 sama orang disana dimana metromini itu lewat. Akhirnya, kita naik metromini nomor 47. Gue berkali2 nanya sama si kondektur, “Lewat Stasiun Senen kan Bang?” “Iya neng” “Lewat kan Bang?” “Iya Neng, ayo cepat masuk” Kita berlima masuk metromini itu. Gue sama Riana ga henti2nya berdoa. Yang gue yakinin dalem hati, Allah ngasih cobaan gini biar gue sama Riana makin kuat. Kalo perjalanan kita lancar2 aja, effortsnya bakalan kecil. Gue pasrah sama Allah. Yang jelas, gue mau usaha maksimal buat keberangkatan ini.

Jalan yang kita lewatin emang bener2 banjir. Cuma ga separah yang orang-orang bilang. Satu persatu teman seperjuangan ke Senen pun turun. Pertama, Bapak yang pertama kali ketemu. Dia turun duluan. Selanjutnya, mbak2 dan bapak2 kedua turun. Tinggallah gue dan Riana yang masih menuju Stasiun Senen. Ga lama kemudian, terlihatlah bangunan putih bertitel Stasiun Pasar Senen di depan mata kita. Alhamdulillaaaah. Gue bersyukur banget. Ntah apa jadiya kalo kita Cuma berdua dan ga berlima ke arah Senennya. Mungkin ge udah nyasar karena gue emang tipe orang yang panikan. Allah ngirimin mereka :’)

Perjuangan kita belum berakhir. Bahkan itu baru pemanasan. Ya, mungkin Allah memberi cobaan itu sebagai pemanasan buat kita karena perjuangan yang sebenarnya adalah perjalanan jarak jauh kami ke Jogja. Yang kita khawatirkan adalah keretanya ga jalan. Ya, soalnya katanya Bekasi kan banjir juga, sedangkan kereta yang akan kita gunakan ini lewat Bekasi rutenya. Gatau gimana jadinya kalo udah susah2 nyampe ke Senen ternyata gajadi berangkat juga. Kita pun nanya sama petugasnya. Tapi, petugasnya PHP, katanya belum ada informasi terkait pembatalan keberangkatan. Kan kita jadi galau L Kita pun ke mushola untuk sholat dulu. Kita nunggu di mushola sampe ketiduran. Ya, mungkin karena kita sangat capek seharian. Setelah Isya, baru kita ke ruang tunggu stasiun. Ga henti berdoa agar jadi berangkat. Nunggu........... dan akhirnya kereta kita dateng. Progo K3-3 4A dan 4B. Yap, itu seat kita. Kita pun berangkat. Agak telat sih. Sekitar jam 10 lewat baru berangkat. Ga lupa kita buang air kecil dulu di stasiun biar ga ke toilet di kereta. Hiiiiiiii. Kita bersyukur bisa sampe juga di kereta yang bakalan bawa kita ke kota Jogjakarta. Bawa kita liburan dan menjauh dari segala hiruk pikuk da kepenatan. Walaupun perjuangan yang kita tempuh ga mudah, kita tetep bersyukur O:)


Tiket kereta kami. Pasar Senen-Lempuyangan :)


Suasana di depan pintu masuk. Tempat kami menunggu check-in.

Tempat kami menunggu kereta

Suasana di dalam kereta ekonomi

Rizka dan Riana. The two strongest girls ever! Kita udah keliatan gembel kan? Atau cantiknya kita emang gabisa ilang? Udah permanen sih yaaa.. :p


Kita pun makan di kereta karena memang udah laper banget banget banget! Ternyata kita duduk sama Ibu2 yang udah biasa bepergian naik kereta Jakarta-Jogjakarta., khususnya kereta ekonomi. Kita cerita2 dan nanya tentang Jogja. Ibunya ramah sekali dan memang tipe orang Jogja yang baik dan halus.

Buttttttt, masalah datang lagi kawan! Ada bapak2 yang mengintai kita. Ngeliatin kita dari ujung gerbong dia berdiri. Gatau deh maksudya apa. Pokoknya gue dan Riana asli takut banget. Kita memutuskan untuk tidur gantian. Dan tebak apa yang terjadi! Si Bapak mencurigakan itu duduk di sebelah kami!!!!!!!!!!! Ya Allaaaahhh........ :’’’’’


Next story :
Apa yang Bapak itu lakukan pada kami selama perjalanan di kereta? Hmm :’’’’’’

Tidak ada komentar:

Posting Komentar