Januari 28, 2013

Jogja, The Super-beloved Town.. #PartThree

Well, gue akan ngelanjutin cerita dramatis ironis nan romantis ini setelah sempet gue pending buat nyelesain. Berhubung banyak banget fans gue yang udah pengen banget tau lanjutan ceritanya, yaaaa bakalan gue lanjutin ceritanya sekarang. Watch out guys!

Yaa, si Bapak mencurigakan yang mengintai gue sama Riana dari ujung gerbong itu duduk di sebelah kami. Let me tell you our super-bad situation at that time! Jadi, waktu gue pesen tiket online, gue emang pilih seat yang 2-2 (2 orang saling berhadapan, tau kan?) yaitu 4A dan 4B. Nah, akan tetapi nyatanya ternyata gue dapet seat yang 3-3, yaitu 4A, 4B, dan 4C. Kita emang awalnya kaget karena ga sesuai sama yang kita mau. Tapi ya mau gimana lagi emang itu seat kita kan. Sebelah kita pun ibu Jogja yang ramah itu. Ya sudaaah~ Petaka mulai muncul saat si Ibu pindah seat ke depan kita karena emang kosong. Dia bilang ngantuk dan mau tidur. Jadilah sebelah Riana kosong dan ditempatin sama Bapak mencurigakan itu :’’’’

Gue sama Riana berkomunikasi dengan isyarat, baik mata maupun gerakan wajah. Kadang pake bahasa inggris ataupun colek-colekan. Setiap senti gerakan Bapak itu selalu kita pantau dengan seksama. Gue sesekali ngelirik si Bapak. Gue sih gamau suudzon, tapi waspada kan perlu, apalagi gue baru pertama kali gini. FYI, gue lupa menceritakan kalo saat baru masuk kereta, gue sempet desek-desekan sama penumpang yang lain. Gue heran deh, itu kenapa sih orang-orang gabisa tertib. Toh, udah dapet seat masing-masing kan? Dalam crowdednya menuju gerbong 3 yaitu gerbong gue, gantungan kunci di tas ransel gue diembat orang. Ya, itu salah satu kehilangan yang cukup buat gue shock karena gantungan itu baru aja dikasih sama Kakak gue dan gue suka banget :”” gue coba ikhlas sih. Tapi belum bisa. Makanya gue amat sagat waspada terhadap orang asing da segala bentuk pendekatannya sama gue dan Riana. Kecurigaan gue terhadap si Bapak mencurigakan ini beralasan loh. Pertama, dia udah ngeliatin ke arah gue sama Riana dari awal berangkat. Risih kan kalo diliatin gitu. Matanya kaya nelanjangin gue sama Riana. Kan serem! Kedua, dia gabawa tas apapun. Cuma bawa diri. Mau ngapain coba dia.Ketiga, saat kereta berhenti di stasiun pemberhentian tertentu, dia keluar. Tpai, dari luar dia masih ngeliatin kita aja. Parah! Keempat, saat duduk di samping kita, entah dia beneran tidur atau pura-pura tidur, dia nutupin kepalanya pake tudung jaketnya itu terus sesekali dia buat gerakan-gerakan yang kita rasa mencurigakan. Kita takut aja digrepe-grepe atau bisa aja dirampok kan. Naudzubillaaaah.....

Akhirnya, gue sama Riana tidurnya gantian. Satu jam pertama gue yang tidur dan Riana baca novel yang gue bawa. Jam 11 gue bangun dan nyuruh Riana tidur. Gue males baca karena bakalan buat gue nambah ngantuk. Blackberry udah mati dan ga bawa powerbank. Mau mainin hape Samsung tapi takut mati juga dan malah nanti gaada alat komunikasi yang aktif. Mati gaya deh dan jadilah gue Cuma melihat pemandangan di luar jendela kereta yang sebenarnya gaada apa-apa alias gelap. Yaiyalah, malem gitu apa yang mau diliat coba.

Riana dan si Bapak mencurigakan sudah tidur nampaknya. Kereta yang membawa kami pun melaju kencang. Sesekali berhenti di stasiun tertentu, gue lupa nama-namanya. Hehehe. Sejenak gue berpikir, menarik nafas, dan tersenyum. Gue seneng banget dan lega karena gue dan Riana berhasil naik kereta ini. Kereta yang akan membawa kami ke kota Jogjakarta, kota yang udah kami impikan untuk datang sejak awal semester 3. Lebay sih yaa, tapi lo bakalan ngerasain apa yang gue rasain ini kalo lo punya impian dan lo berhasil ngeraihnya. Lo buktiin ke diri lo sendiri kalo lo bisa, kalo lo ga omdo dan lo mampu untuk dapetin itu apalgi perjuangan lo yang ga mudah. Ngantuk gue seketika ilang. Gue liatin Riana saat dia tidur. Gue kesel sama dia, kadang. Kita ga jarang adu pendapat, emosi kita keluar dan ujung-ujungnya nangis pasti, maklum cewe kali ya. Gue mau punya impian lagi. Sendiri, ataupun sama Riana. Kita mau ke suatu tempat lagi, nanti. Gue janji. Gue tarik kepala Riana yang nyaris jatuh ke arah Bapak itu, gue sandarkan kepalanya di bahu gue. So sweet banget ga sih. Gue kembali liat jalan. Besok pagi gue dan Riana akan di Jogja.....

Agak lama kemudian, Riana bangun. Gantian gue untuk tidur lagi tapi gue belum bisa. Akhirnya kita ngobrol. Pedagang-pedagang mulai masuk kereta menjajakkan dagangannya. Gue hanya memerhatikan mereka. Betapa berat ya perjuangan mereka yang bahkan sampe dini hari harus berjualan seperti itu. Gue yakin itu untungnya ga seberapa. Mereka harus berpindah dari satu kereta ke kereta lain demi satu dua rupiah. Untuk mereka sendiri, atau ada perut-perut lain di rumah yang jadi tanggung jawab mereka. Ada bapak-bapak, ibu-ibu, yang masih muda juga ada. Gue sempet keinget sama Ayah Ibu gue di rumah. Gue yang sampe sekarang masih dibiayain hidupnya sama mereka. Ga akan sanggup gue bales apa yang udah mereka korbankan buat ngehidupin gue. Yang cuma bisa gue lakuin Cuma mendoakan mereka, jadi anak yang baik, dan buat mereka bahagia. Guys, uang kalian itu ga gampang didapetinnya. Peluh keringat orangtua lo saat dapetin uang itu ga sedikit. So, pergunainlah untuk yang baik-baik dan jangan boros untuk hal yang ga berguna. Itu pelajaran yang gue dapet dari para pedagang di kereta ekonomi malam itu.

Kembali ke Bapak mencurigakan, Riana, dan gue yang berada dalam satu seat nomor 4. Entah udah jam berapa itu, gue akhirnya ketiduran. Saat kebangun, Riana udah grasak-grusuk (you know grasak-grusuk? It means gelisah), Riana ngomong sesuatu ke gue tapi gue belum mudeng. Gue sadar dan mulai nyium bau-bau gaenak di sekitar. Lo tau apa yang terjadiiiii? Si Bapak mencurigakan itu tidur dengan ngangkat ketek dong! Dan itu bau banget! BAU BANGET!!!! ASLI asem paraaaaahhhhhh!!!!!!!!! Ya Allaaaaah, idih sumpah ya itu gue mau muntah banget. Itu ketek si Bapak suir-suir kalo kata Riana, baunya kemana-mana. ASEM! Riana dengan muka gaenaknya natap gue yang juga udah ga sanggup lagi. Gue tutup idung gue pake cardigan gue. Gue bilang ke Riana kalo lebih baik kita melanjutkan tidur atau pura-pura mati sejenak. Sumpah ya, kalo si Bapak ulang tahun gue kadoin deodorant sekardus deh! Ya Allaaaaah, asem parah! :’’’’’’ Bapaaaaaaaak, kau lebih mengerikan seperti ini Bapak. Apakah ini caramu melumpuhkan kami, menyebar racun mematikan yang akan membuat kami pingsan lantas kau bisa mengambil barang-barang kami? Oh Bapak ketek asem, tutuplah ketekmu itu. Setidaknya kau bisa tidur tanpa harus mengangkat ketekmu. Kami terdzolimi olehmu, wahai Bapak ketek asem. Sebenarnya apa maumu....... :’’’’’’’’’’’’

Dan, gue sama Riana pun tertidur. Ketika bangun, gue kaget karena si Bapak ketek asem mencurigakan udah ga ada di sebelah kami. Langsung gue bangunin Riana dan periksa barang-barang. Alhamdulillah, kami ga kehilangan apapun. Ya ampuuun, ya mungkin si Bapak ketek asem mencurigakan itu cuma ga kebagian kursi karena dia numpang kereta ini dan dia memilih duduk di sebelah kami. Itu positive thinkingnya. Masalah si Bapak ketek asem mencurigakan sudah selesai. Kita gatau dimana Bapak itu berada. Kita cuma bisa mendoakan semoga Bapak itu baik-baik aja dan segera beli deodorant.

18 Januari 2013

Haaaaahhhh.... sudah teraaaang :’))))

Suasana pagi di luar jendela kereta kami

Jalan Jogja yang kita liat dari kereta
Gue sama Riana udah bisa melihat jalan di luar jendela yang masih didominasi oleh pesawahan hijaaaau. Sungguh memanjakan mata melihat pemandangan kaya gitu. Mulai pagi, pedagang masih lalu lalang di gerbong. Dan...... sweet momentnya, ada gerombolan pengamen yang suaranya bagus banget dan asik banget nyanyiin lagu dan main alat musiknya.

Si pengamen :)
Gue sama Riana senyum-senyum terus karena ga bisa bendung betapa senengnya kami. Kita sempet cerita-cerita sama si Ibu Jogja saat dia sudah bangun. Kita nanyain angkutan umum untuk ke Borobudur, angkutan dari stasiun, macem-macem deh. Ibunya baik dan ngasih tau kita tentang Jogja :’) Jogja sudah terlihaaaaat. Jalan-jalannya, bahkan malioboronya. Huaaaaaa >.< ga sabaaaaaaaar. Dan tibalah kami di stasiun pemberhentian terakhir kami, Stasiun Lempuyangan. Syukur Alhamdulillaaaaaah. Pukul 07.38 waktu Jogjakarta kita sampai.

Detik-detik sampe Stasiun Lempuyangan!

And finally........ we arrived!
Allah memang baik. Kita dijemput sama Citra Wahyu Perwitasari, salah satu teman dari Lampung yang kuliah di Jogja. Baik banget deh, pagi-pagi mau jemput kita ke stasiun. Jadi, Citra ini adalah salah satu malaikat penyelamat kita selama di Jogja. Akan ada malaikat-malaikat lainnya. Just wait ya! Kita dijemput pake mobilnya dan langsung diajak sarapan pagi. Kita berempat saat itu. Citra menjemput kami bersama Reni, teman kuliah+teman kosannya. Kita makan Soto Banjar yang enak banget dan muraaaaah! Setelah kenyang, kita ke kosannya Citra di daerah Jalan Nusa Dua. Disana, kita mandi dan istirahat sejenak. Cerita-cerita tentang perjalanan ke Jogja yang penuh perjuangan itu. Dan..... malaikat kedua datang! Dwiyant Muhammad. Ya, teman kita dari Lampung juga yang kuliah di Jogja. Kita emang dari awal merencanakan ini semua count on them both, Citra dan Dwi, selama di Jogja nantinya. Dwi nyamperin ke kosannya Citra. Kita ngobrol dan cerita-cerita, sekaligus buat planning untuk 4 hari ke depan selama di Jogja. Dengan penuh pertimbangan, rencana pun jadi. Seperti ini :

Day 1  : Wisata UGM + Malam ke Malioboro
Day 2  : Full beli oleh-oleh di Malioboro + Wisata sekitaran Malioboro
Day 3  : Borobudur
Day 4  : Pantai Parangtritis + Pulang :’’’’’’

Oke, berhubung itu hari Jumat, Dwi pun pamit untuk sholat Jumat. Dia bakalan nemuin kita malem di Malioboro karena hari itu dia kuliah dan sorenya renang. Kita pun bergegas untuk dianterin Citra ke UGM. Hmmmm, sesungguhnya kita udah list biaya buat transportasi selama disana. Tapi Allah ngirimin malaikat yang baik banget dan bersedia nganterin kita. :”) Kita pun dianterin ke UGM dan Citra pergi karena ada urusan dan mau kuliah. Sampe disana, kita bingung awalnya karena UGM tuh luasssss banget kan. Tujuan gue sih mau ke Fakultas Teknologi Pertanian UGM, karena itu salah satu 100 mimpi gue. Tapi, kita ga nemu-nemu. Alhasil, kita pun naik becak. Hahaha! Anehnya, itu satu-satunya becak disana kayanya. Abis, gaada becak lain coba. Ih, jangan-jangan itu Allah yang ngirimin. :”)

Naik satu-satunya becak di UGM
Sampe disana kita sholat dulu trus bingung deh mau ngapain. Hmmmm gue akhirnya mencoba ngehubungin Hani Pratiwi, temennya Idham. Hani adalah malaikat kita yang ketiga. Yapsss, dia bersedia ngajak kita jalan-jalan di UGM naik sepeda. Kita pun janjian ketemuan di Fakultasnya, yaitu Fakultas Kedokteran Hewan. Sempet makan dulu karena lumayan lama nungguin Hani yang masih ada urusan di kampus. Well, dan bertemulah gue (untuk pertama kali) dengan Haniiii. Ngobrol bentar sambil nyelesain makan, setelah itu kita pinjem sepeda. Btw, kita malsuin identitas loh! Pura-pura jadi mahasiswa sana buat pinjem sepeda. Dan kita pun diajak keliling kampus sama Hani. UGM keren deh pokoknya! Hani ngejelasin tiap area yang kita lewatin, super-duber good guide! Makasih Hani :”)

Fakultas Teknologi Pertanian UGM. Akhirnya mimpi gue kecoret!

Fakultasnya Hani :)

Di depan Gedung Rektorat UGM. Cool!

with Hani, the 3rd Jogja's Angel :)))

Setelah puas keliling dan foto-foto, kita minta dianterin Hani untuk ke Halte Trans Jogja terdekat di UGM karena kita mau ke Malioboro. Kita pun kesana. Sebelumnya, diajakin Hani untuk ke koperasi Mahasiswanya. Good idea! Gue emang sempet kepikiran untuk beli cinderamata UGM. Setelah beli beberapa gantungan kunci dan stiker, kita ke Halte Trans Jogja. Pisah deh sama Hani. Thanks a lot for the 3rd Jogja’s Angel! Kita pun naik Trans Jogja ke Malioboro. Ongkosnya Cuma Rp 3.000,00. Sangat tertib deh. Kondekturnya juga selalu warn di tiap halte. Pokoknya sip banget deh tata caranya. Gue cintaaa <3

Sampailah kita di Malioboro........ You know lah apa yang kita lakukan. Foto-foto dan belanja. Ga kerasa udah maghrib dan kita memutuskan untuk ke Masjid Malioboro. Kita pun janjian ketemuan sama Dwi untuk dinner bareng. Setelah Isya, baru kita ketemuan. Hmmmmm.. ini adalah proses yang AMAT menjengkelkan deh! Jadi ceritanya, gue dan Dwi awalnya janjian ketemuan di depan Dunkin Donnuts. Lalu, Dwi bilang ketemuan di depan Ramayana aja. Oke, gue dan Riana kesana. Cukup jauh untuk jalan. Ada kali 100 meter. Gue sampe depan Ramayana dan menelepon Dwi.

Gue     : Dimana wi?
Dwi     : Di depan Matahari depan Ramayana, kamu dimana?
Gue     : Ini aku di depan Ramayananya loh
Dwi     : Yaudah kamu sini, aku di jalan kecil sebelah Matahari ya
Gue     : Oke....
Gue berpikir, perasaan di depan Ramayana gaada Matahari deh. Di Jalan kecil? Oh mungkin itu jalan kecilnya..... Gue sama Riana masuk jalan kecil di depan Ramayana, Memang ada semacem mall disana, apa mungkin itu Matahari? Gue telepon Dwi lagi.........
Gue     : Aku udah di depan Mataharinya nih
Dwi     : Mana? Ini aku di tempat parkir di depan persis
Gue     : *mencoba mencari* Mana sih? Kamu gaada!
Dwi     : Kamu itu dimana sih ?!!
Gue     : Di Jalan kecil..... Di depan Mataharinya..
*sebenernya gue ga yakin itu Matahari. Ga ada tulisan Mataharinya juga sih. Tapi Matahari mana lagi di depan Ramayana cobaaaa?*
Dwi     : Ah udah deh, kamu ke Ramayana aja lagi, aku samperin.
Gue     : Ihhhhh kok kamu jadi marah2 sih?

Telepon pun dimatiin...... Gue balik ke Ramayana. Dan as you know, itu ga deket loh. Setelah sampe di depan Ramayana, gue lebih memilih sms Dwi. Dan dia bilang kalo dia juga udah di depan Ramayana. Manaaaaaa???? Gaada! Dia kekeuh bilang dia di depan Ramayana di depan Matahari. *criiiiiingg* lampu di otak gue nyala. Ini pasti salah paham deh! Pasti ada 2 Ramayana disini! Dan bener aja, dari tadi emang gue dan Dwi ada di depan Ramayana, tapi Ramayana yang berbeda! What the.......

Jadi gue daritadi udah bolak balik itu sementara Dwi juga kesel nungguin gue itu semua gara-gara Ramayana yang ada 2 di Malioboro! Huuuuuhh... Dan gue pun segera kesana. Jadi, Ramayana yang Dwi maksud itu adalah yang ada di depan Mall Malioboro. Dan kenapa dia ga bilang di Mall Malioboro aja biar gue sama Riana gampang nyarinya? -____- Ketemulah kita di depan Ramayana yang dimaksud setelah lamaaaaaaaaa banget proses pencariannya. Emosi dah semua.... Mana laper banget kan. Kita pun cari makan. Kita menyusuri jalan sampe lewat Ramayana yang gue maksud. Jauh banget sumpah. Itu gara-gara sepanjang jalan ga ada yang kita setuju. Sampe ujung deket Beringharjo pun udah gaada. Dan Citra nelepon, dia mau jemput kita. Dia mau nyamperin kita, tapi kita sendiri aja belum jelas dimana. Akhirnya untuk sebuah kejelasan, kita janjian ketemuan sama Citra di lesehan deket Mall malioboro, yang artinya kita balik lagi. Allahu....

Dapetlah sebuah lesehan yang bernama, Lesehan Borobudur. Dan inilah kesalahan terbesar yang kita buat. Harganya ga nyantai masbroooooo.... Pecel ayam ga pake nasi Rp 24.000. Es teh Rp 6.000!!!!!! Buseeeeeeeet. Ini berharap makan murah di Jogja malah kantong kempes di malam pertama. Dan memang, JANGAN PERNAH MAKAN DI KAWASAN MALIOBORO KALO LO GAMAU KERE! Kita tobat deh, gamau lagi makan disana. Pelajaran deeeh pelajaran :””””””

Nih makanan yang buat gue sama Riana kere seketika!

Hari pertama di Kota Jogja yang melelahkan, penuh suka duka...... Tapi gue dan Riana tetep seneng aja tuh. Kita nginep di kosan Citra malem itu. Ga sabar buat hari-hari selanjutnya! Day one was done! Uh Jogjaaaaaa, I was starting loving youuuu.. <3

Keep read our story yaaaa.... Hari kedua, ketiga, dan keempat akan jadi hari-hari yang seruuuu! Jogjaaaaaaaaaaaa <3